Selasa, 27 November 2012

Sejarah Agama Hindu(Zaman Pertengahan-Kemerdekaan)

     
      Zaman Pertengahan
Zaman pertengahan dimulai dari kerajaan India Utara, Deccan, India Selatan.
Di India Tengah dan India Selatan kebudayaan Hindu terus berkembang, setelah India Utara dan Hindustan di8kuasai oleh raja-raja Islam yang datang dari Persia dan Asia Tengah. Sampai penjajahan Inggris (abad ke 18) di Deccan dan India Selatan masih ada kerajaan-kerajaan Hindu yang merdeka dan terus melawan penjajahan itu sampai permulaan abad ke 19 M, seperti dari Maratha.
Diantara kerajaan di India Tengah yang kuat adalah Kerajaan Chalukya sampai tahun 1190. India Selatan jauh dari India Utara yang dianggap sebagai pintu  masuknya agama baru, dan juga musuh. Sedangkan penduduk Deccan dan India Selaan yaitu Dravida sudah mempunyai kebudayaan dan agama sendiri sebelum datangnya bangsa Arya. Ketiga kerajaan tersebut makmur, menghasilkan kulit manis, lada, emas, logam-logam, dan mutiara yang terkenal dari zaman dahulu kala. Kemudian dari abad ke 4 hingga abad ke 8 M terdengar adanya kerajaan Pallava yang menaklukkan ketiga kerajaan tersebut. Belakangan kekuasaan raja Pallava berkurang karena aterus berperang dengan kerajaan Chalukya. Dengan begitu mulailah muncul kerajaan Chola yang pada pemerinthan Rajarajadeva (985)dan puteranya, Rajenda Choladeva l (1018) itu mempunyai daerah yang melingkungi Sailan, Pegu, Martaban di Birmadan Kepulauan Andaman. Ada juga candi di Tanjore.
Kerajaan-kerajaan Hindu di India Selatan dikemudian hari menjadi satu abad ke 14, merupakan kerajan Vijayanagar (1336-1565). Sejarah itu akan berhubungan dengan sejarah zaman Islam di India Utara dan Hindustan.[i]
      
      Zaman Pra modern
Ciri utama masa ini menunjukkan fakta bahwa islam memberikan sebuah konteks mendasar bagi perkembangan Hinduisme. Islam memberikan pengaruh ganda bagi Hinduisme. Disatu pihak, Islam mengenjurkan perpindahan agama, dipihak lain Islam mendorong kecenderungan yang lebih egaliter dan monoteistik bagi kaum Hindu. Kemudian muncullah tokoh-tokoh untuk menjembatani jurang pemisah antara keduanya, kabir (abad ke-15), guru anak (1469-1538), dadu (1544-1603). Pada masa ini dua gerakan politik berbasis Hindu yang cukup berhasil adalah kerajaan Vijayanagar di Selatan dan kerajaan Marathas dibagian barat India. Dimana kerajaan Vijayanagar, Hindu atas Weda yang ditulis oleh Sayana. Kemudian juga Shivaji (1627-1680) adalah ahli dibidang ritual Weda dan menyatakan dirinya sebagai pelindung Weda. Ciri paling menonjol pada masa muslim (1200-1757) ini adalah berkembangnya agama Wishnu (Vaishnavism). Dua nama besar dari selatan adalah Vallaba (1479-1531) dari India selatan dan Caitanya (1486-1533) dari Bengal.
Pedagang-pedagang Islam dari Asia Barat datang ke India. Pengaruh agama dan kebudayaan Islam melalui keseluruhan India pada abad ke 13 berdirilah kesultanan Delhi yang melahirkan dinasti Islam. Dlam sejarah India ini dianggap sebagai permulaan zaman pertengahan dan dimulainya zaman Mughal. Penyatuan kebudayaan Islam dan Hindu membawa  kejayaan bagi India yang tercermin dalam seni, sastra, bahasa, dan arsitektur.
Penyebaran Ialam dalam sejarah Islam di India berlangusng secara bertahap. Islam masuk melalui pembaharuan kebudayaan setempat. Pada abad-abada tersebut para Imigran dari hadhramaut (Yaman) mulai memenuhi daratan India sebagai pedagang maupun juru dakwah. Puncaknya adalah saat kekaisaran Mughal oleh Babar, keturunana Timur Lenk, Penguasa Mongol pada tahun 1526.
      
      Zaman modern
Zaman ini dimulai antara tahun 1800 hingga 1947. Pengaruh kebudayaan Barat memberikan dampak menentukan bagi Hinduisme. Masuknya orang-orang Inggris sebagai penjajah membuat Hinduisme menghadapi situasi yang berbeda seara kualitatif. Masuknya kekuatan Inggris mengurangi kekuatan Islam. Namun Hinduisme harus menghadapi sebuah kekuatan baru, yakni agama Kristen. Tokoh reformasi Hindu pertama adalah Raja Rammohun Roy berusaha untuk membenarkan monotaisme yang berbasis Vedanta.
Menjelang akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, perkembangan Hinduisme mengalami sebuah proses pembalikan. Pada perkembangan sebelumnya, tradisi Hinduisme memperke4rsa posisinya untuk mempertahankan posisinya untuk otoritas Veda karena dibawah tekanan Budhisme, Jainisme, dan Matrealisme. Sedangkan di masa modern , walaupun Hinduisme mendapat tekanan dari sumber kristiani yang rasional, modernis, dan reformis, Hinduisme tidak bereaksi dengan cara yang sama. Hinduisme sekarang meninggilan pengalaman religius doiatas otoritas religius dan tidak lagi terikat oleh otoritas Veda.
      
      Zaman Kemerdekaan India
Pada awal kemerdekaan yaitu perpindahan penduduk secara besar-besaran akibat pecahnya jajahan Inggris menjadi India Pakistan serta pengintegrasian kurng lebih enam ratuskerajaan kecil yang diperintahkan oleh pangeran-pangeran ke dalam negara kesatuan India. India menyusun kerangka kehidupan kenegaraannya dalam bentuk suatu Undang-Undang Dasarmulai tanggal 26 januari 1950. Sejak saat itu India resmi menjadi negara Republik.[ii]


[i] T.S.G Mulia, India sedjarah politik dan pergerakan, (Jakarta: Balai Pustaka), cet. III, 1959, h. 43-46
[ii] Makalah Topik lV, Zaman Pertengahan sampai Kemerdekaan India

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts